Buka Setiap Hari ! :)
Beranda » Artikel Terbaru » Khasiat Minyak Eucalyptus Selain Membunuh Virus Corona

Khasiat Minyak Eucalyptus Selain Membunuh Virus Corona

Diposting pada 2 October 2020 oleh setyadica

minyak eucalyptusBenua Australia merupakan asal dari Pohon Eucalyptus.  Tetapi, sekarang di berbagai belahan dunia juga sudah banyak ditemukan pohon Eucalyptus. Menurut penelitian, minyak dari pohon Eucalyptus mempunyai banyak sekali manfaat. Penelitian yang terbaru saat ini, minyak eucalyptus dapat membunuh virus corona (covid-19).

Penelitian tersebut  dilakukan oleh Kementerian Pertanian dengan melakukan pengujian minyak eucalyptus terhadap virus corona (covid-19) melalui laboratorium (in vitro). Sel yang terinfeksi oleh virus tersebut, sudah sampai tahapan penelitian molecular docking.

Uji Klinis dari Minyak Eucalyptus

Dalam webinar Rempah-rempah, Pengetahuan Medis, dan Praktik Kesehatan di Indonesia yang digelar oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta, pada hari Selasa (5/5/2020), dikatakan oleh Ibu Evi Safitri sebagai Kepala Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat Kementerian Pertanian, bahwa melalui uji in vitro prosentase virus corona dapat mati sebesar 60% sampai dengan 80%.

Pada uji in vitro yang disampaikan oleh Ibu Evi Safitri, dilakukan metode molecular docking terhadap minyak eucalyptus yaitu metode komputasi yang bertujuan meniru peristiwa interaksi suatu molekul ligan dengan protein.

Tanaman rempah seperti sereh wangi, eucalyptus, sambiloto, meniran, cengkeh, kayumanis, temulawak, kunyit, jahe merah juga dilakukan percobaan untuk diteliti oleh Kementerian Pertanian.

Banyak jenis tanaman di Indonesia yang mempunyai potensi unutk pengobatan, namun baru sekitas 300 jenis tanaman yang sudah diteliti dan digunakan untuk pengobatan, termasuk di dalamnya adalah minyak eucalyptus.

Kepala Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat Kementerian Pertanian menyampaikan, belum banyaknya tanaman rempah yang dilakukan pengujian dikarenakan tahapan uji yang panjang, dimana harus melalui uji empiris seperti in vivo dan in vitro kemudian akhirnya dilanjutkan uji klinis.

Beberapa Khasiat Minyak Eucalyptus bagi Kesehatan Tubuh

Selain berdasarkan penelitian terbaru dapat membunuh virus Corona, minyak eucalyptus yang diperoleh dari proses penyulingan dapat digunakan sebagai bahan baku produk kesehatan, aromatherapy, antiseptik hingga untuk kebutuhan industri.

 

Minyak atsiri eucalyptus menjadi salah satu pengobatan alternative yang populer dan lebih dikenal oleh masyarakat sebagai minyak kayu putih.  Ketika cuaca dingin, minyak eukaliptus seringkali digunakan dengan di oles karena kadar kehangatannya tidak terlalu panas dan sangat pas.

1.   Minyak Eucalyptus dapat Meredakan Bronkitis, Pilek dan Batuk

Batuk, pilek dan bronkitis dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya karena alergi dan infeksi virus. Dengan menghirup uap dari minyak atsiri eucalyptus dapat membantu melegakan tenggorokan karena berfungsi sebagai dekongestan alami. Selain itu Anda dapat mengoleskan minyak eucalyptus pada leher atau dada untuk mendapatkan manfaatnya.

2.   Membantu Meringankan Nyeri Otot dan Sendi

Menurut penelitian dengan menghirup dan mengoleskan minyak eukaliptus pada otot dan sendi yang sakit, dapat meredakan nyeri yang dirasakan. Saat ini banyak obat-oabatn yang mengandung minyak eucalyptus yang berfungsi meredakan keluhan penyakit osteoarthritis dan rheumatoid arthritis (rematik).

3.   Membantu Meringankan Sinusitis dan Asma

Kandungan dalam minyak eucalyptus dapat membantu mengencerkan lendir atau dahak yang menempel di rongga tenggorokan dan dada. Dengan menghirup miyak eucalyptus atau mengoleskan disekitar area leher saluran pernafasan menjadi lancar dan dapat menekan gejala sinusitis dan asma.

Untuk meredakan sinusitis dan asma Anda bisa menggunakan diffuser untuk mengguapkan minyak atsiri eucalyptus ke udara. Selain membuat udara menjadi lembab, partikel molekul dari minyak eucalyptus dapat membunuh virus dan bakteri. Terapi menggunakan jahe juga cukup efektif untuk meredakan asma. Kandungan alami dalam manfaatnya jahe yang mempunyai antioksidan yang tinggi dapat membantu mengatasi masalah pernafasan.

4.   Membantu Mengatasi Plak Gigi dan Bau Mulut

Antibakteri dalam kandungan minyak eucalyptus dapat mengatai bau mulut yang diakibatkan oleh kuman. Dengan adanya anti bakteri ini kerusakan pada gusi akibat plak gigi dapat diatasi. Saat ini banyak sekali produk pasta gigi maupun obat kumur yang mengandung ekstrak minyak atsiri eucalyptus sehingga dapat menjaga kesehatan mulut dan gigi.

5.   Membantu Mencegah Infeksi Luka

Sejak dahulu suku Aborigin dari pedalaman Australia dimana pohon eucalyptus ini berasal, meyakini bahwa minyak eukaliptus mampu mencegah infeksi pada luka dan mempercepat proses penyembuhan. Dan menurut penelitian pun mendukung bahwa kandungan senyawa alami yang dimiliki minyak eucalyptus mampu mencegah peradangan dan infeksi pada luka.

6.   Membantu Mengusir Serangga

Serangga seringkali membuat rumah menjadi tidak nyaman, selain itu juga membawa penyakit apabila gigitannya membawa virus dan bakteri. Anda bisa menggunakan minyak eucalyptus untuk mengusir serangga dengan cara diuapkan dengan diffuser. Selain minyak atsiri eucalyptus mengandung bahan yang alami, menggunakan bahan kimia dengan penyemprot serangga memiliki resiko terhadap efek samping pada kesehatan tubuh.

Demikian tadi informasi mengenai minyak eucalyptus, semoga artikel diatas bermanfaat untuk Anda 😊

Bagikan informasi tentang Khasiat Minyak Eucalyptus Selain Membunuh Virus Corona kepada teman atau kerabat Anda.

Khasiat Minyak Eucalyptus Selain Membunuh Virus Corona | Distributor Minyak Atsiri | 085715243160 (WA)

Belum ada komentar untuk Khasiat Minyak Eucalyptus Selain Membunuh Virus Corona

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan