Buka Setiap Hari ! :)
Beranda » Artikel Terbaru » Manfaat Minyak Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Minyak Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh

Diposting pada 2 February 2021 oleh setyadica

manfaat minyak cengkehCengkeh mempunyai sebutan nama latin Syzygium aromaticum yang merupakan bunga kering dari pohon yang masih satu keluarga dengan Mirtaceae. Yang paling berguna pada cengkeh adalah minyaknya. Manfaat minyak cengkeh diyakini banyak digunakan karena merupakan rempah serbaguna yang baik untuk membuat makanan, minuman bahkan digunakan untuk campuran pembuatan rokok.

Selain dari bunganya, daun dan buahnya juga sering dimanfaatkan sebagai aromaterapi dan obat oles sebagai cara mengempiskan gusi bengkak. Sejak dahulu, cengkeh sudah dijadikan ramuan tradisional untuk bumbu rempah dalam masakan dan obat herbal.

Ciri khas dari minyak cengkeh yaitu mempunyai warna kuning muda hingga putih bening dan mempunyai aroma yang kuat. Minyak cengkeh dikenal dengan bau dan rasanya yang sangat kuat. Manfaat minyak cengkeh diperoleh dari ekstrak tunas cengkeh dengan melalui proses penyulingan (steam).

Kandungan Minyak Cengkeh

Kandungan 2 gram cengkeh dalam satu sendok teh mempunyai energi yang setara dengan 1 gram karbohidrat, 1 gram serat dan 21 kalori. Minyak cengkeh juga mempunyai kandungan seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, mangan, kalium, magnesium, kalsium, antioksidan, folat, zinc dan natrium. Sehingga berbagai nutrisi tersebut dapat mendukung manfaat minyak cengkeh untuk kesehatan tubuh.

Meski manfaat minyak cengkeh sangat banyak, penggunaannya juga tidak boleh sembarangan. Yang harus diketahui pertama kali mengenai cara penggunaannya adalah apakah minyak cengkeh untuk keperluan topikal (oles) atau untuk keperluan oral (dihirup).

Manfaat Minyak Cengkeh Untuk Kesehatan

Berikut ini manfaat minyak cengkeh yang berhasil minyak-atsiri.id rangkum dari berbagai sumber:

  1. Membunuh Parasit Usus

Dengan menambahkan satu tetes minyak cengkah pada minuman diyakini dapat membunuh parasit usus. Gunakan secara teratur dengan ukuran yang sesuai. Jangan memakai berlebihan karena akan memberikan efek yang kurang baik.

  1. Menangani Penyakit Kolera

Menurut penelitian, manfaat minyak cengkeh untuk mengatasi penyakit kolera ternyata cukup efektif. Cukup gunakan 5-10 tetes minyak cengkeh dengan jarak waktu 15 menit untuk menghilangkan gejalanya. Anda dapat menurunkan kuantitasnya setelah merasa lebih baik setelah menggunakannya.

  1. Mengatasi Ejakulasi Dini

Bagi yang mempunyai permasalahan dengan pasangannya, Anda boleh mencoba menggunakan terapi minyak cengkeh ini untuk mengatasi ejakulasi dini. Sehingga dapat meningkatkan keharmonisan kehidupan rumah tangga Anda.

  1. Menghilangkan Racun dalam darah

Kandungan dalam manfaat minyak cengkeh ini dapat meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh. Sehingga dapat mengeluarkan racun dalam darah serta membantu memurnikan trombosit pada sel darah.

  1. Membantu Menghilangkan Rasa Mual

Bagi wanita hamil, manfaat minyak cengkeh sangat efektif untuk mengurangi rasa mual pada pagi hari. Caranya cukup dengan menghirup aroma manis dari minyak cengkeh. Beri jarak 5-8 cm antara hidung dan botol minyak cengkeh.

Minyak cengkeh juga dapat digunakan untuk menghilangkan masalah mual saat melakukan perjalanan jauh. Dengan menggunakan minyak cengkeh sebagai aromaterapi dapat diperoleh dari minyak esensial dalam kandungan cengkeh.

  1. Mengatasi Bintilan

Infeksi yang timbul pada mata dapat mengakibatkan bintilan. Hal ini dapat terjadi karena pembentukan benjolan di sekitar mata akibat dari kelenjar yang tersumbat. Kondisi ini membuat fungsi mata tidak berjalan dengan baik dan menyakitkan. Sifat antibakteri pada manfaat minyak cengkeh dapat mencegah infeksi dan peradangan pada mata serta dapat mengurangi rasa sakit.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sifat anti-virus dan anti-oksidan yang dimiliki pada manfaat minyak cengkeh dapat meningkatkan sistem kekebalan terhadap penyakit. Minyak cengkeh telah dibuktikan dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh dan membantu melancarkan aliran darah.

  1. Baik untuk Penderita Diabetes

Menurut penelitian menunjukkan bahwa manfaat minyak cengkeh dapat mempertahankan kadar insulin dalam darah dan bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan dari penyakit diabetes. Kandungan minyak cengkeh dapat menjaga sirkulasi darah sehingga dapat memperkuat metabolisme tubuh dan menjaga suhu tubuh.

  1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat minyak cengkeh ternyata menjadi bagian penting dari banyak makanan. Hal ini dikarenakan minyak cengkeh dapat membantu meringankan masalah pencernaan seperti ganguan pencernaan, mabuk perjalanan, cegukan dan perut kembung.

  1. Meredakan Sakit Telinga

Sakit telinga umumnya dapat terjadi akibat dari sakit kepala dan masalah pilek. Manfaat minyak cengkeh salah satunya dapat menjadi obat alami untuk membantu menyembuhkan sakit telinga. Caranya cukup mudah, campurkan 3-4 tetes minyak cengkeh murni dan dua sendok teh minyak wijen kemudian hangatkan campurannya. Kemudian secara perlahan, aplikasikan campuran ini ke dalam telinga dan biarkan selama beberapa menit. Cara seperti ini akan memberikan efek menenangkan pada telinga.

  1. Meredakan Masalah Pernafasan

Sifat anti-inflamasi yang dimiliki dalam minyak cengkeh dapat memberikan efek pendinginan di rongga hidung dan tenggorokan. Sehingga dapat membersihkan rongga hidung dan memperlancar masalah pernapasan seperti asma, sinusitis dan batuk pilek.

  1. Membantu Mengatasi Sakit Kepala

Sakit kepala dapat terjadi dikarenakan kebiasaan yang kurang baik, seperti kebiasaan makan yang terlalu cepat dan jam kerja yang panjang. Manfaat minyak cengkeh dapat memberikan efek menenangkan pikiran pada tubuh dengan membantu melonggarkan otot syaraf.

Caranya cukup mudah, campurkan 2 sampai 3 tetes minyak cengkeh dengan 1 sendok teh garam laut dan 2 sendok teh minyak almond atau kelapa, kemudian gunakan campuran tersebut dengan memijat dahi. Efek dari pijatan dari campuran minyak cengkeh tersebut dapat memberikan sensasi dingin dan dapat mengatasi sakit kepala.

  1. Membantu Meredakan Stress

Tahukah Anda bahwa salah satu manfaat minyak cengkeh dapat membantu menurunkan tingkat sress?

Untuk menghilangkan rasa sakit dan stress, banyak orang di berbagai belahan dunia melakukan pijatan dengan menggunakan minyak cengkeh murni. Kualitas dari minyak cengkeh bersifat afrodisiak yang berfungsi bertindak sebagai penghilang stress. Kandungan dalam minyak cengkeh ini dapat mengurangi ketegangan, kecemasan, capek dan kelelahan mental karena memiliki efek relaksasi pada pikiran.

  1. Manfaat Minyak Cengkeh Membantu Menyembuhkan Infeksi

Sifat antiseptik yang dimiliki minyak cengkeh membuat minyak ini cukup populer. Manfaat minyak cengkeh karena sifat antiseptik ini diantaranya dapat mengobati luka, infeksi jamur, kaki kapalan dan biang keringat.

Selain itu manfaat minyak cengkeh dapat menyembuhkan gigitan serangga. Caranya cukup dengan mencampurkan minyak cengkeh dengan minyak almond atau minyak kelapa kemudian oleskan pada kulit yang terkena gigitan serangga. Jika Anda mempunyai kulit yang sensitif, hindari penggunaan minyak cengkeh yang berlebihan karena dapat mengakibatkan luka bakar.

Manfaat Minyak Cengkeh Untuk Perawatan Kulit

  1. Sebagai Cara Menghilangi Jerawat

Salah satu manfaat minyak cengkeh adalah sebagai cara menghilangi jerawat yang membandel. Sekarang ini banyak sekali produk kecantikan baik itu dalam bentuk krim maupun lotion untuk kulit berjerawat yang mengandung bahan kimia berbahaya dan mempunyai efek samping.

Minyak cengkeh cukup efektif untuk membantu cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dikarenakan mengandung senyawa eugenol yang mempunyai sifat antibakteri yang dapat membersihkan jerawat dan mengobati infeksi.

Caranya cukup mudah, cukup tambahkan 2-3 tetes minyak cengkeh kedalam lotion kulit atau krim kemudian aplikasikan pada area kulit yang berjerawat.  Gunakan secara teratur unutk hasil yang maksimal.

  1. Dapat Mencerahkan Bekas Jerawat

Bekas luka dari jerawat yang timbul ternyata dapat diatasi dengan mengoleskan secara langsung minyak cengkeh pada kulit. Pengelupasan kimia yang ringan terhadap bekas luka jerawat atau kulit mati benar-benar bisa bekerja, sehingga kulit lebih sehat dan cerah.

  1. Manfaat minyak cengkeh sebagai Bahan Kosmetik

Saat ini sudah banyak industri kecantikan menggunakan manfaat minyak cengkeh sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik. Sebagian besar Krim maupun lotion kulit biasanya banyak mengandung campuran dari minyak cengkeh. Minyak ini juga ditambahkan dalam sabun antiseptic dan juga parfum.

Manfaat Minyak Cengkeh Untuk Perawatan Rambut

  1. Membantu mengurangi rambut rontok

Manfaat minyak cengkeh berikutnya yaitu sebagai cara mengatasi rambut rontok secara alami dan permanen. Minyak cengkeh diyakini dapat menutupi kebotakan dan membuat rambut menjadi panjang dan berkilau. Sirkulasi darah di kulit kepala menjadi lancar sehingga dapat menghentikan rambut rontok.

  1. Sebagai Kondisioner Rambut Alami

Minyak cengkeh dapat diaplikasikan sebagai kondisioner dengan mencampurnya dengan minyak zaitun. Campuran ini dapat memperkuat akar rambut. Cukup dengan oleskan campuran tersebut kepada rambut yang sedang basah kemudian bungkus dengan handuk yang tebal. Lalu diamkan selama limabelas hingga duapuluh menit setelah itu sisir seperti biasa.

Manfaat Minyak Cengkeh Untuk Perawatan Gigi

  1. Untuk Perawatan Gigi

Minyak cengkeh memiliki kandungan senyawa eugenol dan mempunyai sifat anti-kuman yang kuat. Produk gigi seperti pasta gigi dan obat kumur seringkali memakai kandungan minyak cengkeh karena sifat tersebut diatas.  Senyawa eugenol dapat membantu melawan penyakit mulut seperti sakit gigi dan gusi.

Aroma yang kuat pada minyak cengkeh juga mampu menghilangkan bau mulut dan mengurangi rasa sakit tenggorokan. Untuk menghilangkan bau mulut cukup gunakan empat tetes minyak cengkeh pada secangkir air hangat. Kemudian gunakan ini untuk berkumur setiap hari atau dua kali sehari.

Minyak Cengkeh dari Essenzo atau sering disebut dengan Essential Oil Clove Bud sangat manjur sebagai cara mengobati gusi bengkak atau sakit gigi. Essenzo Clove Bud Essential Oil adalah produk dari 100% ekstrak minyak cengkeh murni.  

Cara Membuat sendiri Minyak Cengkeh Dirumah

Membuat minyak cengkeh di rumah bisa jadi sedikit rumit, tetapi memberikan jaminan 100 persen alami. Jadi, mengapa Anda tidak mencobanya sekali saja?

Bahan

  • 2 sdm cengkeh
  • 200 ml minyak kelapa / minyak zaitun

Cara Membuat

  1. Giling cengkeh menjadi bubuk halus.
  2. Bubuhkan bubuk ini di atas kain tipis dan ikatkan di bagian atas untuk membuat bundel kecil.
  3. Tuangkan minyak pilihan (misalnya minyak zaitun atau minyak kelapa) dalam botol kedap udara, celupkan kain katun tipis di dalamnya dan tutup botol.
  4. Kamu dapat memanaskan tabung dengan api kecil selama satu jam atau menjemurnya di bawah sinar matahari selama sehari.
  5. Angkat bundel dan tuangkan minyak cengkeh yang diinfuskan ke dalam botol kecil. Dan voila! Minyak cengkeh siap digunakan.

Sekarang setelah Anda mengetahui manfaat minyak cengkeh untuk kesehatan secara keseluruhan, mengapa Anda tidak mencobanya? 😊

Bagikan informasi tentang Manfaat Minyak Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh kepada teman atau kerabat Anda.

Manfaat Minyak Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh | Distributor Minyak Atsiri | 085715243160 (WA)

Belum ada komentar untuk Manfaat Minyak Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan