Buka Setiap Hari ! :)
Beranda » Artikel Terbaru » Khasiat Daun Mint yang Semakin Disukai oleh Banyak Orang

Khasiat Daun Mint yang Semakin Disukai oleh Banyak Orang

Diposting pada 29 September 2020 oleh setyadica

khasiat daun mintApakah Anda mengenal daun mint? Ya, daun mint atau sering disebut dengan peppermint ada beberapa jenis sesuai dengan kandungan yang dimilikinya. Ada 25 varietas daun mint di dunia ini tetapi yang banyak dikembangkan ada tiga jenis, yaitu: apple mint (Mentha suaveolens), spearmint (Mentha spicata) dan peppermint (Mentha piperita L.). Khasiat daun mint sendiri banyak sekali untuk kecantikan dan kesehatan.

Daun mint dapat menghasilkan minyak atsiri (minyak esensial) yang didapatkan melalui proses distilasi atau proses penyulingan. Daun mint mempunyai rasa dan aroma yang khas, dimana khasiat daun mint dapat digunakan untuk berbagai macam makanan, minuman maupun produk kecantikan dan kesehatan.

Kandungan Alami di dalam Khasiat Daun Mint

Menurut penelitian di dalam khasiat daun mint per 100gram mempunyai kandungan sebagai berikut:

  • Tersedia 22 persen vitamin C, 10 persen riboflavin, 8 persen vitamin B, 26 persen folat dan 81 persen vitamin A.
  • Tersedia 56 persen mangan (Mn), 13 persen potassium (kalium atau K), 16 persen magnesium (Mg), 20 persen kalsium (Ca) dan 66 persen zatbesi (Fe),
  • Tersedia 7 persen protein, 2 persen kalori, 1 persen lemak, 3 persen karbohidrat dan terdapat 27 persen serat diet.

Khasiat Daun Mint untuk Kesehatan

Untuk mendapatkan khasiat daun mint yang maksimal dapat dikonsumsi secara langsung dengan cara dikunyah atau diambil ekstraknya melalui proses distilasi untuk mendapatkan minyaknya

1.   Membantu Mengatasi Gangguan Pernafasan

Dengan menghirup ekstrak dari minyak esensial dari daunt mint dapat melancarkan pernafasan dan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat. Selain itu dengan melakukan terapi minyak atsiri peppermint diyakini juga bisa meredakan sakit asma.

2.   Membantu Mengatasi Pusing karena Migrain

Kandungan daun mint yang bersifat anti-inflamasi dan anestasi mampu mengatasi pusing yang diakibatkan karena migrain. Cara pemakaiannya bisa dengan cara menghirup minyak atsiri dari ekstrak daun mint atau dengan mengoleskan minyak esensialnya di sekitar kepala dan leher.

3.   Meningkatkan Ketajaman Mata

Di dalam khasiat daun mint mempunyai kandungan vitamin A dan betakaroten. Dengan rutin mengonsumsi daun mint, orang yang lanjut usia maupun penderita gangguan mata dapat dijaga agar tidak semakin parah penglihatannya.

4.   Membantu meningkatkan Fungsi Otak

Menurut penelitian, dengan menghirup minyak atsiri peppermint, dapat meningkatkan fungsi otak utamanya dalam mengingat sesuatu. Berdasar penelitian tersebut, setelah mencium aroma minyak atsiri peppermint selama 5 menit aktivitas memori fungsi otak menjadi meningkat secara signifikan.

Tetapi masih membutuhkan penelitian yang lebih dalam mengenai khasiat daun mint dalam hal peningkatan fungsi otak akibat menghirup minyak peppermint.

5.   Membantu Menjaga Kulit tetap Sehat

Kandungan alami yang berada di dalam khasiat daun mint berupa vitamin C, vitamin A, folat dan Omega-3 dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Dengan membalurkan daun mint yang telah ditumbuk, permasalahan kulit seperti luka bakar, paparan sinar matahari dapat diatasi dengan baluran daun mint tersebut karena mempunyai efek dingin dan menyegarkan.

6.   Menjaga Rambut agar Tidak Rontok

Melakukan pijatan di rambut kepala disertai baluran minyak atsiri daun mint dapat melancarkan aliran darah dan merangsang pertumbuhan rambut.  Daun mint mempunyai kandungan yang dapat mengikat protein dengan folikel rambut sehingga membuat rambut menjadi lebih bercahaya dan sehat.

7.   Membantu Menjaga Kesehatan Mulut & Gigi

Dengan berkumur menggunakan ekstrak daun mint yang dicampur air dapat mengurangi bau mulut tidak sedap. Dalam hal ini banyak produk yang menggunakan bahan dasar daun mint untuk mendapatkan khasiat daun mint dari segi kesegarannya.

Selain itu dengan mengunyah daun mint secukupnya, diyakini dapat membunuh kuman dan bakteri di dalam mulut sehingga gigi dan mulut menjadi lebih sehat.

8.   Membantu mengatasi Nyeri Sendi dan Otot

Minyak atsiri peppermint yang diperoleh dari ekstrak daun mint mempunyai efek anestasi yang dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada sendi dan otot dengan cara mengoles minyak peppermint dan disertai pijatan pada bagian yang sakit.

9.   Khasiat Daun Mint Membantu Mengatasi Dismenore (Kram Menstruasi)

Kram karena nyeri haid (dismenore) sering dirasakan oleh kebanyakan wanita pada umumnya setiap bulan.  Dismenore sering disebut juga dengan dilep dalam Bahasa Indonesia. Untuk meringankan gejala dilep atau dismenore, terapi dengan topikal atau mengoleskan pada bagian yang sakit bisa meringankan kram karena nyeri haid. Karena khasiat daun mint mempunyai sifat yang bisa menenangkan dan dapat memberikan efek relaksasi.

Selain bermacam khasiat daun mint diatas, ternyata mengonsumsi daun mint secara berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping seperti nyeri ulu hati, gatal dan alergi. Gunakanlah minyak atsiri (minyak esensial) dari daun mint secukupnya dan segera konsultasikan ke dokter apabila mengalami efek samping yang tidak kunjung reda setelah mengonsumsi daun mint.

Demikian tadi informasi mengenai beberapa khasiat daun mint, semoga artikel diatas bermanfaat untuk Anda 😊.

Bagikan informasi tentang Khasiat Daun Mint yang Semakin Disukai oleh Banyak Orang kepada teman atau kerabat Anda.

Khasiat Daun Mint yang Semakin Disukai oleh Banyak Orang | Distributor Minyak Atsiri | 085715243160 (WA)

Belum ada komentar untuk Khasiat Daun Mint yang Semakin Disukai oleh Banyak Orang

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan