Buka Setiap Hari ! :)
Beranda » Artikel Terbaru » Kandungan Alami Cengkeh yang Kaya akan Manfaat

Kandungan Alami Cengkeh yang Kaya akan Manfaat

Diposting pada 1 October 2020 oleh setyadica

cengkehCengkeh dalam Bahasa latin disebut Syzygium aromaticum dan dalam Bahasa Inggris disebut Clove Bud yang berarti kuku, karena bentuknya menyerupai kuku. Cengkih merupakan tumbuhan asli Indonesia yang banyak dibudidayakan di India, Madagaskar, Srilanka dan Zanzibar.

Di Indonesia sendiri pohon cengkeh banyak dijumpai di provinsi Maluku Utara, dan mempunyai beberapa varietas. Walaupun di banyak tempat di Indonesia pohon cengkeh rata-rata bisa tumbuh di daerah yang berbukit dan bersuhu dingin.

Kualitas cengkeh yang baik baru dapat dipanen dari pohon cengkeh setelah berumur kurang lebih 7 tahun. Setelah itu produktivitas cengkeh akan terus meningkat dari umur 10 sampai dengan 30 tahun.

Berdasarkan morfologinya, tumbuhan cengkeh dibedakan menjadi 3 jenis klasifikasi:

  • Cengkeh budi daya (Ambon, Sikotok, Siputih, Zanzibar)
  • Cengkeh liar (Cengkih Hutan Bogor, Haria Gunung, Amahusu, Raja)
  • Cengkeh asli maluku (Daun Buntal, Dokiri, Air Mata, Indari, Sibela, Tauro, Tibobo, AFO)

Nutrisi Penting di dalam Cengkeh

Bagian cengkih yang mempunyai harga jual tinggi adalah bagian kuncup bunga cengkeh yang mempunyai ukuran kurang lebih 2cm dan akan terbentuk selama masa budi daya secara alami 4-7 tahun. Kuncup bunga cengkeh akan dipanen sebelum berbunga pada saat masturasi. Kemudian kuncup bunga cengkeh dijemur hingga berwarna coklat di bawah sinar matahari.

Bagian pohon cengkih yang lain juga mempunyai nilai jual tinggi seperti buah, daun dan batangnya yang dapat diekstrak menjadi minyak. Kuncup bunga cengkeh juga dapat diekstrak menjadi minyak melalui proses distilasi atau penyulingan untuk diambil esensialnya yang sering disebut dengan minyak atsiri.

Minyak atsiri cengkeh yang dihasilkan dari proses distilasi mempunyai kandungan senyawa seperti eugenol, tannin, caryophyllene, methyl salicylate, dan senyawa lainnya yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan karena mempunyai sifat antiseptik, antimikrobalial dan analgesik. Untuk Eugenol sendiri merupakan senyawa bioaktif utama dari cengkih. Eugenol terdapat sebanyak 9381–14650 mg/100 g cengkih.

Selain itu kandungan mineral dan vitamin di dalam satu sendok teh cengkih mengandung 1gram serat, 1gram karbohidrat, 21 kalori dan mampu memenuhhi kebutuhan harian dari 3% vitamin C, 4% vitamin C dan 30% kebutuhan mangan. 

Macam-macam Produk dari Cengkeh

  1. Bubuk Cengkeh
  2. Komponen pada obat kumur dan rokok
  3. Produk kosmetik
  4. Minyak atsiri (esensial)
  5. Larutan

Hal yang perlu Dilakukan Ketika Mengonsumsi Cengkeh

  1. Hindarkan dari suhu yang lembab dan panas serta simpan pada tempat yang kering dan sejuk
  2. Ketika menggunakan minyak esensial atau minyak atsiri cengkeh, gunakanlah minyak perantara (carrier oil)

Khasiat Cengkeh bagi Kesehatan Tubuh

Jadi, apa saja khasiat cengkeh untuk kesehatan tubuh? Berikut ini daftar khasiat cengkeh untuk tubuh kita!

1.    Membantu Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Sifat anti-mikroba yang di dalam kandungan cengkeh dengan efektif dapat membunuh bermacam-macam bakteri, salah satunya bakteri karena diare yaitu Escherichia coli (E. coli). Termasuk bakteri di dalam mulut penyebab bau mulut dan radang gusi (gingivitis).

2.    Membantu Meningkatkan Fungsi Hati

Menurut penelitian kandungan eugenol pada cengkeh mampu meningkatkan kesehatan hati dengan meredakan gejala sirosis hati. Gejala sirosis hati ditandai dengan meningkatnya enzim GST yang dapat menimbulkan peradangan. Dengan mengonsumsi supplemen eugenol di dalam kandungan cengkeh dapat menurunkan enzim GST.

3.    Membantu Mengatasi Sakit Maag / Tukak Lambung

Minyak esensial atau minyak atsiri cengkeh dapat meningkatkan produksi lendir lambung yang menipis akibat infeksi dan stress. Selain itu minyak atsiri cengkeh dapat mencegah luka pada dinding lambung.

4.    Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan zat mangan di dalam cengkeh mampu menambah kepadatan massa tulang sehingga dapat menjauhkan dari penyakit pengeroposan tulang (osteoporosis).  Anda bisa menambahkan bubuk cengkeh pada minuman maupun makanan seperti susu atau teh untuk mendapatkan manfaatnya.

5.    Membantu Mengontrol Gula Darah / Diabetes

Menurut penelitian, kandungan senyawa di dalam cengkeh maupun minyak atsirinya dapat membantu mengontrol gula darah (diabetes). Minyak atsiri cengkeh mengandung nigericin yaitu senyawa aktif yang dapat menyerap gula darah ke sel, kemudian meningkatkan fungsi sel-sel tersebut untuk memproduksi insulin. Insulin adalah hormon yang berfungsi memindahkan gula dari darah ke sel.         

6.    Cengkeh Membantu Mengatasi Sakit Gigi

Kandungan senyawa eugenol di dalam cengkeh mampu meredakan nyeri akibat peradangan pada gigi dan gusi. Anda bisa meneteskan minyak atsirinya pada gusi yang sedang nyeri dan bengkak. Atau mengoleskan minyak esensial tersebut pada area gigi atau gusi yang terasa nyeri. Untuk hasil yang optimal Anda bisa menggunakan minyak esensial (minyak atsiri) dari Essenzo. Minyak Esensial dari Essenzo sangat efektif untuk mengatasi sakit gigi karena Minyak Atsiri Clove Bud dari Essenzo ini sangat bermanfaat sebagai cara mengempiskan gusi bengkak,  terbuat dari 100% konsentrasi liquid Cengkeh Alami tanpa ada bahan campuran apapun.

Minyak Atsiri Clove Bud sangat baik dikombinasikan dengan Minyak Atsiri Peppermint untuk mendapat manfaat yang lebih optimal. Karena selain khasiat utama Peppermint untuk mengatasi mengatasi Flu & Migrain, Minyak Atsiri Peppermint juga sangat berguna untuk Kesehatan Mulut dan sebagai cara meredakan sakit gigi. Jadi buat Anda yang selama ini memiliki masalah di area gusi & gigi, Anda bisa mengkombinasikan Minyak Atsiri Peppermint dan Minyak Atsiri Clove Bud ini untuk digunakan dalam aktifitas Anda sehari-hari.

7.    Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Senyawa cengkeh dapat membantu memproduksi sel darah putih yang dapat meningkatkan imun tubuh dengan menunda hipersensitivitas sehingga tubuh menjadi lebih fit dan sehat.

8.    Membantu Melindungi dari Penyakit Kronis

Cengkeh mempunyai kandungan vitamin C dan senyawa eugenol yang mempunyai sifat antioksidan. Sifat antioksidan yang dimiliki dapat membantu menetralisir radikal bebas yang bisa memicu timbulnya kanker.

Selain bisa memicu kanker, radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif yang menyebabkan bermacam-macam penyakit kronis. Seperti Hipertensi, Parkinson, Alzheimer, tukak lambung, hipertensi, stroke, penyakit jantung, dll.        

9.    Membantu Mengobati Sakit Kepala

Dengan mengonsumsi bubuk cengkeh secukupnya yang dicampurkan dengan minuman dapat membantu meringankan sakit kepala. Selain itu juga bisa dengan cara mngeoleskan minyak esensial atau minyak atsiri cengkeh pada sekitar kepala yang sedang sakit.

Efek Samping Mengonsumsi Cengkeh

Hindari penggunaan cengkeh secara berlebihan dan gunakan sesuai dosis yang dianjurkan, karena mengonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan pernafasan, alergi dan iritasi kulit. Jangan gunakan pada ibu hamil dan menyusui serta anak-anak dibawah umur yang disarankan.

Bagikan informasi tentang Kandungan Alami Cengkeh yang Kaya akan Manfaat kepada teman atau kerabat Anda.

Kandungan Alami Cengkeh yang Kaya akan Manfaat | Distributor Minyak Atsiri | 085715243160 (WA)

Belum ada komentar untuk Kandungan Alami Cengkeh yang Kaya akan Manfaat

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan