Buka Setiap Hari ! :)
Beranda » Artikel Terbaru » 7 Cara Alami Mengatasi Susah Tidur

7 Cara Alami Mengatasi Susah Tidur

Diposting pada 17 August 2021 oleh setyadica

cara mengatasi susah tidurAgar tidur menjadi lebih berkualitas dan nyenyak, ada beberapa cara mengatasi susah tidur dimana kondisi tersebut sering terjadi pada kebanyakan orang. Sehingga dalam menjalani aktivitas sehari-hari Anda menjadi lebih produktif dan bersemangat.

Kondisi seseorang yang mengalami kesulitan saat ingin tidur, bangun tidur terlalu cepat dan tidak bisa tidur lagi serta seringkali terbangun saat tidur disebut juga dengan insomnia. Susah tidur dapat mengakibatkan badan menjadi lemas tidak bertenaga, sulit konsentrasi serta mudah lelah. Kondisi ini dapat memicu berbagai macam masalah kesehatan, mulai dari menurunnya gairah seks dan daya ingat hingga gangguan fisik dan mental sehingga tidak bisa dianggap sepele.

Bagi orang yang mengalami kondisi seperti ini tentunya jelas sangat menyiksa, tetapi bagi yang tidak pernah mengalami insomnia akan menganggap bahwa penyakit ini biasa saja. Tak heran jika banyak orang mencari cara mengatasi susah tidur dengan mengonsumsi obat-obatan. Jarang disadari bahwa dengan mengonsumsi obat-obatan dapat mengkibatkan efek samping yang kurang baik.

Penyebab Susah Tidur (Insomnia)

  1. Masalah Emosional Pada Penderita

Masalah emosional yang berat bisa jadi menjadi penyebab orang menjadi susah tidur sehingga mengakibatkan menjadi depresi. Kondisi tekanan emosional yang labil membuat tidak tenang dan stress sehingga sering kali terbangun tengah malam dan tidak dapat tidur kembali. Jadi masalah ini harus segera diatasi dengan cara mengatasi susah tidur yang benar

  1. Kelainan Tidur (Sleep Apnea)

Kelainan tidur atau sering disebut sleep apnea adalah jenis penyakit yang sering terjadi saat tidur dengan penderita biasanya rileks ketika diawal tidur kemudian mengorok sehingga jalan napas bagian atas mengempis dan berhenti bergerak. Akibatnya penderita sleep apnea berhenti bernafas sehingga membuat dirinya seketika itu terbangun dari tidur tetapi saat terbangun nafasnya sudah normal kembali.

  1. Ketidakcocokan Suhu Lingkungan

Suhu udara kamar yang terlalu panas bisa jadi menjadi salah satu penyebab susah tidur. Tidur di malam hari menjadi tidak tenang apabila suhu ruangan lebih dari 23 derajat celcius. Cara mengatasi susah tidur dengan mengatur suhu ruangan menjadi solusi terbaik apabila ingin tidur nyenayk dan berkualitas.

Cara Mengatasi Susah Tidur

Untuk meningkatkan kualitas tidur dan menghindari pengaruh psikis dari konsumsi obat-obatan karena mempunyai anggapan tidak bisa tidur tanpa minum obat terlebih dahulu, berikut ini cara mengatasi susah tidur yang dapat dilakukan dengan sederhana :

1. Mengatur suasana kamar tidur senyaman mungkin

Suasana nyaman menjelang tidur sangat diperlukan apabila Anda ingin beristirahat dengan segera, yaitu dengan cara:

  • Bersihkan dan rapikan kamar sebelum tidur
  • Atur suhu ruangan agar tetap sejuk dan suasana tenang
  • Batasi lampu penerangan kamar agar tidak terlalu terang atau silau
  • Jauhkan semua alat elektronik atau gadget sebelum tidur, karena dapat mengganggu hormon melatonin, yaitu hormon yang membantu anda tertidur
  • Saat hendak tidur atau saat terbangun tengah malam, usahakan hIndari melihat jam
  • Selalu atur alarm untuk bangun tidur pada waktu yang sama setiap hari termasuk akhir pekan

2. Jangan biasakan minum minuman berkafein dan beralkohol

Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, soda, teh atau minuman berenergi menjelang tidur atau pada sore hari dapat menyebabkan Anda susah tidur. Karena kandungan kafeinnya dapat membuat Anda tetap terjaga.

3. Menghindari stres

Pola hidup sehat ditandai dengan seseorang yang dapat mengelola stresnya. Karena ketika seseorang sedang mengalami stres, hormon kortisol dalam tubuh akan diproduksi lebih banyak. Sebagai cara mengatasi susah tidur Anda bisa melakukan beberapa cara seperti rutin melakukan meditasi, yoga, atau relaksasi sebelum tidur.

4. Mengelola waktu tidur dengan baik

Anda tentunya ingin mempunyai kualitas tidur yang baik, sehingga ketika Anda bangun badan terasa fit dan segar. Namun, sebaiknya Anda mengatur waktu tidur Anda       dengan ritme tidur yang konsisten. Usahakan untuk tidur dengan jam waktu yang sama ketika Anda tidur di hari biasa maupun di akhir pekan. Hindari kebiasaan “balas dendam” dengan tidur berlebihan ketika Anda sedang hari libur maupun akhir pekan.

5. Tidak dianjurkan untuk tidur siang

Salah satu cara mengatasi susah tidur yang sederhana adalah menghindari tidur pada waktu siang hari. Sebagian orang merasa bahwa tidur siang hari dapat menyegarkan tubuh mereka setelah beraktivitas. Namun disisi lain, hal ini dapat menyebabkan seseorang menjadi lebih susah tidur di malam hari.

6. Lakukan olahraga secara rutin

Berolahraga secara rutin setiap hari selama 30 menit dapat membantu menghilangkan stres dan  meningkatkan kualitas serta durasi tidur. Tetapi jangan lakukan olahraga menjelang tidur karena hal tersebut dapat mempengaruhi tubuh dan membuat Anda terjaga dan semakin susah tidur. Idealnya sebaiknya lakukan olahraga pada pagi hari atau sore hari.

7. Gunakan Lavender Essential oil sebagai cara mengatasi susah tidur

Essential oil lavender merupakan salah satu essential oil paling terkenal dan paling serbaguna yang diperoleh dari minyak hasil ekstrasi tanaman Lavandula Angustifolia murni. Essential oil lavender mengandung Linalool Asetat yang dapat merelaksasi system kerja saraf dan otot yang tegang dan dipercaya dapat membantu cara mengatasi susah tidur (insomnia), rasa gelisah, stress, infeksi, alergi, dan mual.

Selain itu dalam dunia Essential oil , Essential oil lavender merupakan jenis EO yang multiguna karena dipercaya memiliki sifat anti inflamasi, antijamur, antidepresan, antiseptik, antibakteri dan antimikroba, serta efek antispasmodik, analgesik, detoksifikasi, hipotensi, dan sedatif.

Untuk cara penggunaanya bisa dioleskan ke dahi, telapak tangan atau dihirup. Essential oil lavender juga bisa digunakan dengan media penguapan seperti humidifier atau diffuser.

 

Bagikan informasi tentang 7 Cara Alami Mengatasi Susah Tidur kepada teman atau kerabat Anda.

7 Cara Alami Mengatasi Susah Tidur | Distributor Minyak Atsiri | 085715243160 (WA)

Belum ada komentar untuk 7 Cara Alami Mengatasi Susah Tidur

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan