Buka Setiap Hari ! :)
Beranda » Artikel Terbaru » Cara Mengatasi Sesak Nafas – 5 Strategi Untuk 5 Tahap Serangan Asma

Cara Mengatasi Sesak Nafas – 5 Strategi Untuk 5 Tahap Serangan Asma

Diposting pada 27 October 2021 oleh setyadica

cara mengatasi sesak nafasFakta dari asma atau sesak nafas

Jika Anda baru saja didiagnosis menderita asma atau sesak nafas, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang terjadi selanjutnya, dan bagaimana orang yang telah didiagnosis menderita asma dapat melanjutkan aktivitas seperti berolahraga, berjalan-jalan, menikmati dinginnya udara musim dingin atau pergi berlibur. berlibur ke iklim lembab dan lembab. Namun, faktanya asma adalah suatu kondisi, bukan kecacatan, dan penting untuk belajar menghadapinya, dan cara mengatasi sesak nafas dengan cara yang positif.

 Sejauh menyangkut strategi koping, ada beberapa strategi berbeda yang tersedia, dan mereka dapat digunakan dalam berbagai cara mengatasi sesak nafas dan membantu Anda mengelolanya tanpa membahayakan kehidupan normal dan sehat.

 Pada artikel ini kita akan membahas asma atau sesak nafas dalam 5 tahap dan memberikan strategi untuk setiap tahap yang berbeda. Tahapan tersebut dapat dikatakan diagnosis, pra-serangan, serangan awal, saat serangan dan pasca serangan.

Tahapan proses dan cara mengatasi sesak nafas

  1. Diagnosa

Setelah Anda didiagnosis menderita asma, Anda hampir pasti akan diberi resep pengobatan. Ini mungkin dalam bentuk inhaler, dan ini bervariasi dari turbohaler yang membutuhkan napas dalam-dalam yang dipaksakan, hingga inhaler aerosol yang bekerja dengan menekan tombol yang menyebabkan semburan semprotan mengenai bagian belakang tenggorokan Anda. Ada juga dua jenis inhaler, baik preventif atau pereda.

 Akan sangat penting untuk meluangkan waktu mempelajari hal ini, mengajukan banyak pertanyaan kepada dokter Anda, mencobanya, dan meyakinkan diri sendiri bahwa ketika Anda perlu menggunakannya, Anda akan cukup nyaman dengan mereka untuk menggunakannya secara efektif. Jaminan ini adalah metode yang berharga untuk membantu mengurangi ketegangan dan kekhawatiran, dan sebenarnya dapat membantu cara mengatasi sesak nafas.

  1. Pra Serangan

Anda mungkin memiliki beberapa gagasan tentang kapan Anda lebih mungkin mengalami sesak napas, seperti saat berolahraga, atau dalam cuaca dingin. Itu selalu merupakan ide yang baik untuk mencatat kapan Anda mengalami kekurangan napas dan kebutuhan untuk menggunakan inhaler karena ini akan membantu menciptakan pola yang akan memungkinkan Anda untuk lebih siap.

Menyadari situasi yang mungkin dapat menyebabkan masalah akan memungkinkan Anda untuk meminimalkan kepanikan dan kekhawatiran karena ini hanya akan memperburuk kecenderungan asma. Dan jika Anda memilih untuk masuk ke situasi yang dapat menyebabkan masalah, luangkan waktu untuk menenangkan pernapasan Anda, mengendalikannya, duduk dengan tenang untuk sementara waktu dan meregangkan paru-paru Anda dengan beberapa napas dalam yang kuat dan baik. Pastikan Anda tahu di mana inhaler Anda dan pergi untuk itu. Menutupi mulut Anda dengan syal saat berada di udara dingin dan bernapas melalui hidung daripada mulut Anda adalah dua strategi kecil lainnya yang layak digunakan.

  1. Serangan awal

Meskipun Anda sering mendengar istilah serangan asma, ini lebih merupakan penyempitan saluran bronkial secara bertahap. Sangat jarang penderita asma menemukan diri mereka bahagia satu menit kemudian terengah-engah berikutnya. Sangat penting untuk menyadari tanda-tanda pertama kesulitan bernapas. Segera setelah perasaan awal itu muncul, hentikan dan kendalikan pernapasan Anda. Jika Anda sedang berolahraga, berhentilah dan cobalah duduk di suatu tempat.

 Jangan membungkuk karena Anda hanya akan menekan perut dan paru-paru Anda, sehingga semakin membatasi potensi pernapasan Anda. Sebaliknya, duduklah dengan punggung lurus yang baik, dan fokuslah pada pernapasan Anda. Bernapaslah cukup dalam, perlahan dan terkendali, sebaiknya masuk melalui hidung dan keluarkan melalui mulut. Rilekskan bahu Anda, turunkan sepenuhnya saat Anda mengeluarkan napas. Dengan cara ini Anda mungkin menemukan pernapasan Anda kembali terkendali tanpa perlu inhaler sama sekali. Mengetahui cara mengatasi sesak nafas pada tahap ini dapat membuat perbedaan yang sangat positif.

  1. Saat Serangan

Cobalah untuk tetap tenang, karena panik menyebabkan jantung Anda berpacu dan dapat menyebabkan hiperventilasi sebagai cara untuk mendapatkan lebih banyak oksigen ke dalam aliran darah Anda. Sayangnya, hiperventilasi kemudian memperburuk asma Anda, dan perasaan panik meningkat. Menyadari lingkaran setan ini penting, dan mampu memutusnya adalah strategi yang sangat positif. Tetap tenang dan terkendali berarti Anda dapat mengakses inhaler dan mengoperasikannya secara efektif dan benar.

  1. Pasca Serangan

Setelah Anda mengalami serangan, catatlah di buku catatan, bersama dengan apa yang Anda lakukan dan di mana Anda berada. Mungkin ada pemicu yang jelas seperti berlari, tetapi mungkin ada pemicu yang kurang jelas yang mungkin luput dari perhatia, seperti membersihkan lantai dapur. Membersihkan lantai mungkin tampak seperti pekerjaan yang mudah, tetapi bisa jadi bau yang kuat dari deterjen adalah pemicunya. Menyimpan catatan membantu Anda mengidentifikasi pola seperti itu, dan ini pada gilirannya memberi Anda waktu cara mengatasi sesak nafas untuk menghindari pemicu yang mengarah pada serangan.

Cara Mengatasi Sesak Nafas

Sangat penting untuk mengetahui cara mengatasi sesak nafas, dan khususnya, cara menghadapinya. Mengembangkan strategi untuk mengatasi akan memberi Anda rasa kontrol yang lebih besar, dan memungkinkan Anda menjalani hidup Anda sepenuhnya dengan lebih sedikit kekhawatiran dan ketakutan.

Penderita asma benar-benar perlu menyadari bahwa mereka akan dihadapkan pada semua efek asma di atas. Kemudian mereka perlu mempersiapkan apa yang akan mereka lakukan ketika efeknya dimulai. Juga perlu mempersiapkan fisik dan mental untuk menghadapi efek ini agar asmanya tidak semakin parah dengan cara bereaksi yang salah.

Selain itu sebagai cara mengatasi sesak nafas, Anda dapat menggunakan terapi Ginger Essential Oil yang mempunyai kandungan alami yang mampu meredakan asma. Kandungan alami tersebut berasal dari bagian rhizome (jahe) segar yang diambil dari tangkai bagian bawah. Manfaatnya jahe ini sangat baik bagi Anda yang sedang mengalami gejala sesak nafas atau asma. Anda dapat menggunakan terapi dengan cara dioles, dihirup atau menggunakan diffuser untuk menguapkan minyak esensialnya.

Bagikan informasi tentang Cara Mengatasi Sesak Nafas – 5 Strategi Untuk 5 Tahap Serangan Asma kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Mengatasi Sesak Nafas – 5 Strategi Untuk 5 Tahap Serangan Asma | Distributor Minyak Atsiri | 085715243160 (WA)

Belum ada komentar untuk Cara Mengatasi Sesak Nafas – 5 Strategi Untuk 5 Tahap Serangan Asma

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan