Buka Setiap Hari ! :)
Beranda » Artikel Terbaru » Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah dan Sederhana

Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah dan Sederhana

Diposting pada 6 October 2020 oleh setyadica

cara mengatasi insomniaKamu sering ngga sih merasa ngga nyaman karena susah tidur? Gangguan tidur atau disebut insomnia di malam hari bisa sangat mengganggu jika tidak diobati. Karena tidur merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi. Banyak orang mencari cara mengatasi insomnia dengan mengonsumsi obat-obatan kimia. Tetapi tahukah kamu bahwa mengonsumsi obat-obatan kimia sebagai cara mengatasi insomnia dalam jangka panjang tidak baik untuk kesehatan.

Tidur adalah proses biologis aktif, dimana hormon-hormon tertentu diproduksi saat tidur, seperti hormon tidur yang disekresi oleh tubuh pada saat tidur dan hormon untuk tumbuh kembang serta hormon untuk memperbaiki sel-sel yang rusak setelah seharian digunakan.

Fakta menunjukkan bahwa 28 juta orang di Indonesia menderita insomnia. Bukan sekedar tidak bisa tidur, Insomnia merupakan gangguan dalam istirahat. Salah satunya terbangun saat tengah malam dan sulit tidur kembali. Maka dari itu banyak orang mencari cara mengatasi insomnia dengan benar.

Apa itu Insomnia?

Insomnia merupakan kondisi seseorang mengalami kesulitan untuk tidur. Hal tersebut mengakibatkan kondisi fisik penderita insomnia menjadi tidak cukup fit untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Insomnia terjadi karena masalah psikologis, seperti kecemasan, depresi dan stress berkepanjangan. Juga pengaruh gaya hidup yang buruk (pola tidur tidak teratur, sering mengonsumsi alkohol dan minuman berkafein).

Hal ini akan sangat berbahaya jika dibiarkan. Porsi tidur jadi berkurang, padahal sudah banyak aktivitas yang melelahkan. Sehingga daya tahan tubuh melemah dan penyakit seperti stroke, darah tinggi, jantung lebih mudah menghampiri.

Jenis-jenis Insomnia

Berdasarkan penyebabnya, insomnia dibagi menjadi 2 kategori:

  • Insomnia Primer: Gangguan tidur yang terjadi karena bukan karena faktor kesehatan
  • Insomnia Sekunder: Gangguan tidur yang terjadi karena faktor kesehatan tertentu

Berdasarkan durasi waktunya, insomnia dibagi menjadi 2 kategori:

  • Insomnia kronis: Gangguan tidur yang terjadi karena kondisi psikologis yang sedang buruk dan terjadi dalam waktu yang lama selama beberapa bulan
  • Insomnia akut: Gangguan tidur yang terjadi karena sebab tertentu seperti gugup karena suatu hal dan terjadi dalam waktu yang relatif pendek

Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia

Penyebab insomnia memang sangat luas, namun berikut ini penyebab yang umumnya terjadi:

  1. Masalah Psikologi (rasa sedih atau emosi)
  2. Masalah kesehatan fisik (alergi, ketidakseimbangan hormon, dll)
  3. Pola hidup (asupan makanan / minuman yang tidak baik, diet yang salah, dll)
  4. Lingkungan (kebisingan, pencahayaan, suhu ruangan, dll)

Cara Mengatasi Insomnia dengan Sederhana

Saat insomnia, banyak orang memilih untuk menggunakan obat tidur, namun tahukah kamu bahwa mengonsumsi obat-obatan kimia sebagai cara mengatasi insomnia dalam jangka panjang tidak baik bagi tubuh kamu.

1.    Olahraga secara teratur

Dengan rutin berolahraga merupakan cara mengatasi insomnia yang sederhana, karena tubuh secara keseluruhan akan mengeluarkan keringat yang dapat memberi energi lebih, suasana hati menjadi lebih baik, memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan serta membuat tidur menjadi lebih berkualitas.

2.    Hindari Mengonsumsi Makanan & Minuman Berkafein

Sebelum tidur, usahakan jangan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein. Dikarenakan setiap mengonsumsi 400 mg kafein enam jam sebelum tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur.

3.    Suasana Lingkungan Tempat Tidur yang Nyaman

Aturlah tempat tidur menjadi lingkungan yang nyaman. Kamu bisa mengganti lampu yang lebih redup dan mencoba mengubah pengaturan tempat tidur. Aturlah suhu ruangan tempat tidur dengan suhu yang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Jauhkan semua perangkat elektronik dari tempat tidur agar kualitas tidur tidak terganggu.

4.    Mengatur Waktu Tidur

Cara mengatasi insomnia dengan mengatur waktu atau jadwal tidur dapat memudahkan tubuh beristirahat dengan baik. Jadwal tidur yang sering berganti-ganti dapat menjadi penyebab insomnia, karena dapat mengganggu siklus tidur yang mengakibatkan metabolisme tubuh terganggu.

5.    Pola Hidup Sehat

Pola hidup yang tidak sehat menjadi salah satu penyebab insomnia. Mengonsumsi kafein secara berlebihan, alkohol, merokok, makanan tidak sehat hingga malas berolahraga menjadi pemicu insomnia. Sebagai cara mengatasi insomnia, coba biasakan menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan berhenti merokok.

6.    Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Menurut penelitian dengan mandi menggunakan air hangat sebelum tidur sekitar 90 sampai dengan 120 menit akan meningkatkan kualitas tidur dikarenakan setelah mandi badan akan lebih rileks dan cepat mengantuk.

7.    Mengonsumsi Madu dan Susu

Salah satu cara mengatasi insomnia dengan alami adalah dengan mengonsumsi madu dan susu. Dikarenakan ketika mengalami gangguan tidur hormon melatonin pada otak terganggu. Dengan mengonsumsi madu dan susu dapat merangsang bertambahnya hormon melatonin pada otak sehingga gangguan tidur dapat diatasi.

8.    Melakukan Meditasi

Kamu bisa mencoba latihan pernafasan dalam meditasi sebelum tidur untuk membuat tubuh lebih rileks. Cara mengatasi insomnia dengan melakukan meditasi memang bukan pengobatan standar, tetapi dengan meditasi dapat membantu pikiran lebih tenang dan dapat meredakan stres.

9.    Cara Mengatasi Insomnia dengan Lavender Essential Oil

Selama berabad-abad Minyak Atsiri Lavender telah digunakan karena manfaat dan aromanya yang sangat baik. Masyarakat Romawi dan Mesir kuno menggunakan Lavender untuk pewangi, relaksasi, memasak, mandi dan sebaga cara mengatasi insomnia

Kandungan utama dari lavender adalah linalyl asetat dan linalool. Linalool adalah kandungan aktif utama yang berperan pada efek anti cemas (relaksasi) pada lavender. Menurut hasil dari beberapa jurnal penelitian, minyak esensial (atsiri) dari bunga lavender dapat memberikan manfaat relaksasi, sedatif, mengurangi tingkat kecemasan, dan mampu memperbaiki mood seseorang (mood booster).

Minyak Atsiri Lavender dikenal banyak orang karena manfaatnya yang menenangkan. Gunakan untuk berendam atau mandi dan tambahkan Lavender ke dalam air, oleskan ke bagian belakang leher dan pelipis untuk meredam stres. Teteskan Minyak Atsiri Lavender pada tempat tidur, bantal, atau telapak kaki untuk tidur yang berkualitas.

Kamu juga bisa menggunakan diffuser untuk menguapkan minyak atsiri lavender ke udara. Selain membuat udara menjadi lembab, dengan menghirup minyak atsiri lavender dapat memberikan efek menenangkan dan rileks pada tubuh.

Gunakan Minyak Atsiri Lavender dari Essenzo untuk hasil yang maksimal. Lavender Esssential oil ini sangat bermanfaat sebagai cara mengatasi insomnia dan membuat tidur lebih nyenyak, karena Minyak Atsiri Lavender dari Essenzo terbuat dari 100% konsentrasi liquid Lavender Alami tanpa ada bahan campuran apapun.

Bagikan informasi tentang Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah dan Sederhana kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah dan Sederhana | Distributor Minyak Atsiri | 085715243160 (WA)

Belum ada komentar untuk Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah dan Sederhana

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan